Senin, 14 Januari 2019

Membuat Aplikasi Kantin Sederhana Menggunakan jFrame di Netbenas

Pada kali ini saya akan memberikan cara membuat aplikasi untuk pembelian di kantin menggunakan teknik Swing GUI (jFrame) di Netbeans.



Sebelum memulai, pastikan kita telah menginstal aplikasi Netbeans terlebih dahulu. untuk link download kalian bisa mengunjungi website resmi netbeans.org (klik untuk menuju ke webnya).
Setelah aplikasi terinstal, kita buka aplikasinya dengan cara double click shortcut yang terdapat pada dekstop.
Tampilan saat aplikasi dibuka
Berikut adalah tampilan aplikasi Netbeans.
Tampilan awal aplikasi Netbeans

Selanjutnya kita membuat project baru dengan cara klik icon folder + / Ctrl+Shift+N
Langsung klik Next 
Kali ini kita membuatnya menggunakan jFrame Form. saatnya kita membuat Coding aplikasi Kantin menggunakan bahasa Java pada aplikasi Netbeans. Coding tersebut berisi beberapa fungsi aritmatika.
Berikut saya berikan Source Code Aplikasi Kantin yang telah saya buat :


Deskripsi Aplikasi Kantin :

  • 13 jTextField
  • 10 jCheckBox
  • 3 jButton
  • 18 jLabel
Pelanggan tinggal memilih menu yang ingin dibeli dengan cara menceklisnya, dan memasukan jumlah pesanannya. (secara default jika kita memilih makanan, jumlahnya otomatis 1)
Setelah pelanggan memilih makanan / minuman yang ingin dibeli beserta jumlahnya, lalu klik Proses Order untuk mengetahui total harga belanjaan.
Setelah itu masukan nominal uang pembayaran, lalu klik bayar. nanti akan muncul jumlah uang kembalian.

Input :

Pilih Menu
Masukan Jumlah Pesanan
Masukan Uang Pembayaran

Output

Total Belanja
Total Kembalian

Hasil RUN Aplikasi :

Berikut tampilan RUN Aplikasi

Tampilan aplikasi awal
Tampilan aplikasi saat selesai memproses orderan
 Selesai sudah cara membuat aplikasi menggunakan teknik Swing GUI jFrame, mohon maaf jika ada kesalahan dalam proses pembuatan. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar